Cara mengatasi kenakalan remaja

CARA MENGATASI KENAKALAN REMAJA

Selain kita mengetahui cara mencegah tindakan kenakalan remaja untuk mengurangi masalah ini, kita juga dapat melakukan tindakan mengatasi atau menanggulangi. Cara mengatasi atau menanggulangi ini sebenarnya hampir sama dengan cara mencegah. Namun yang membedakan cara tersebut yaitu, cara mencegah adalah tindakan yang dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kenakalan remaja yang dilakukan sebelum tindakan tersebut terjadi, sedangkan cara mengatasiatau cara menanggulangi adalah tindakan yang dilakukan apabila kenakalan remaja sudah terjadi agar dampaknya tidak terlalu atau semakin parah. Pada artikel kali ini, terdapat beberapa cara mengatasi atau menanggulangi kenakalan remaja, antara lain :
  1. Menghilangkan semua faktor penyebab dan yang mendorong seorang remaja untuk melakukan kenakalan remaja.
  2. Apabila seorang remaja sudah tidak memiliki orang tua, maka harus dilakukan perubahan lingkungan dengan mencarikan orang tua angkat/asuh dan memberikan fasilitas untuk perkembangan jasmani dan rohani remaja yang sehat.
  3. Memindahkan remaja yang telah terpengaruh kenakalan ke sekolah yang baik atau ke tempat yang lingkungan sosialnya baik.
  4. Mulai memberikan latihan untuk hidup teratur, tertib dan disiplin pada remaja yang telah terpengaruh.
  5. Memanfaatkan waktu lengang di camp latihan untuk membiasakan diri bekerja keras, mengkreasikan kreativitas yang dimiliki, dan melakukan rekreasi yang sehat dengan sifat disiplin.
  6. Menggiatkan organisasi dengan program program latihan untuk mempersiapkan remaja bagi pasaran kerja dan hidup di tengah kalangan masyarakat umum.
  7. Memperbanyak latihan kerja dengan program kegiatan pembangunan.
Menurut Sodjono Dirdjosisworo terdapat asas umum dalam menanggulangi kenakalan remaja, antara lain :
  1. Cara moralitas dilaksanakan dengan penyebarluasan ajaran-ajaran agama dan moral, perundang-undangan yang baik dan sarana-sarana lain yang dapat menekan keinginan atau nafsu untuk berbuat kejahatan. Asas ini merupakan hal yang sangat penting karena mempunyai tujuan memberikan pembinaan yang cukup terutama tentang agama, moral dan mengajarkan tentang perundang-undangan dan konsekwensi jika melanggarnya.
  2. Cara absolisionistis adalah usaha memberantas, menanggulangi kejahatan dengan faktor penyebabnya. Asas ini juga mempunyai peranan pentingterutama dalammenanggulangi anak yang telah terpengaruh hal-hal negatif dengan usaha-usaha menangani permasalahan pada anak tersebut. Dengan langkah mengidentifikasi penyebab-penyebab kenakalan remaja, hingga mencari cara yang tepat untuk menanggulangi kenakalan itu.
Kedua asas itu mempunyai peran masing-masing dalam menanggulangi dan pembinaan anak yang juga terjerumus pada kenakalan remaja. Sehingga keterpaduan dalam implementasinya diharapkan dapat mencegah dan meminimalisir terjadinya kenakalan remaja. Sebab, pada dasarnya anak telah diberikan bekan yang cukup dan baik untuk melaksanakan kehidupannya. Sedanngkan pada anak yang terlanjur melakukan kenakalan akan memperoleh cara rehabilitasi yang tepat sehingga anak dapat menjalani kehidupannya dengan normal kembali.
Sumber : http://hakamabbas.blogspot.co.id/2014/07/penanggulangan-kenakalan-remaja.html
Share: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara memasang infus yang benar

Memasang Nasogastric Tube (NGT)

Manfaat Wortel